Tanggapan pengguna terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya

Marzuki, Yindhi Avriany Dewanty (2018) Tanggapan pengguna terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
E-Repository.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dewanty,Yindhi Avriany (2018).Tanggapan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Skripsi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Dr Bambang Suprijadi, M.Si., Dosen Pembimbing II: Drs. Bakhtiyar, S.Sos, M.IP Kualitas suatu layanan adalah salah satu faktor untuk membuat perpustakaan lebih baik. Jika kualitas layanan sesuai dengan harapan pengguna maka tanggapan mereka tentang kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakan tersebut adalah baik.Namun apabila layanan yang diberikan perpustakaan lebih rendah dari apa yang diharapkan pengguna, maka tanggapan pengguna tentang perpustakaan tersebut adalah buruk. Maka dari itu penulis akan melakukan sebuah penelitian tentang tanggapan pengguna terhadap kualitas layanan di Perpustakaan UNESA dengan menggunakan metode LibQual, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap kualitas layanan yang ada di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Hasil dari penelitian ini bisa digunakan untuk mengetahui kualitas layanan apa saja yang perlu ditingkatkan. Penelitian yang dilakukan penulis di Perpustakaan UNESA ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan analisis LibQual dengan 3 dimensi yaitu affect of service, information control, dan library as place. Subyek penelian yang digunakan adalah mahasiswa aktif UNESA yang sedang berkunjung ke perpustakaan. Populasi yang diambil dari kunjungan perhari yaitu sebanyak 50. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner,dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul dengan coding dan interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang ada di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya dapat dikategorikan kurang baik.Kualitas pelayanan dalam setiap dimensi. 1 ) Affect of Service mendapat kategori kurang baik 2)Information Control mendapat kategori rendah 3) Library as Place mendapatkan kategori baik. Total hasil dari affect of service, information control, dan library as place masuk dalam kategori kurang baik.Jadi pengguna masih belum merasakan kualitas layanan yang memadai di Perpustakaan UNESA Kata Kunci : Kualitas Layanan, Tanggapan Pengguna, LibQual, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Tanggapan Pengguna, LibQual, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Agus Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2018 06:06
Last Modified: 28 Mar 2018 06:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year