Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kopi Hokeng Di Kabupaten Flores Timur

Hadjon, Emanuel (2018) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kopi Hokeng Di Kabupaten Flores Timur. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
terjadilah.pdf

Download (869kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kopi secara luas dikenal sebagai minuman stimulan yang dibuat dari biji kopi. Pelaku bisnis produk kopi saat ini sudah sangat banyak baik pelaku bisnis skala industri maupun skala rumah tangga. Untuk memenangkan persaingan maka suatu produk perlu untuk membangun loyalitas konsumen.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk (kinerja, fitur, estetika, kehandalan, kesesuaian dan daya tahan) secara simultan atau secara bersama-sama dan secara parsial terhadap loyalitas konsumen pada produk Kopi Hokeng. Metode yang digunakan untuk mengukur loyalitas konsumen dalam penelitian ini ialah dengan metode analisis deskriptif yang digunakan untuk menilai persepsi konsumen, sedangkan untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen digunakan analisis regresi linier berganda. Pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan data secara sengaja kepada 150 responden dengan kriteria usia di atas 16 tahun dan konsumen kopi Hokeng. Pengambilan data dengan wawancara langsung dan menggunakan kuesioner. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel fitur (X2) berpengaruh paling besar dengan koefisien regresi sebesar 0,431, Pengujian hipotesis melalui uji F diketahui bahwa 6 variabel yang digunakan berpengaruh secara bersama-sama atau secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dari 6 variabel yang digunakan tidak semua berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Dari 6 variabel kualitas produk hanya variabel kinerja (X1) yang tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan 5 variabel lainnya (fitur (X2), estetika (X3), kehandalan (X4), kesesuaian (X5) dan daya tahan (X6)) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Kopi Hokeng. Kata kunci : Kopi Hokeng, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen ABSTRACT Coffee is widely known as a stimulant drink made from coffee beans. Businesses of coffee products today are very much both industry-scale business and household scale. To win the competition, a product is needed to build consumer loyalty. The purpose of this research is to know the effect of product quality variables (performance, feature, aesthetics, reliability, suitability and durability) simultaneously or partially to customer loyalty on Hokeng coffee products. The method was used to measure consumer loyalty in this research is descriptive analysis method was used to assess consumer perception, while to test the effect of product quality to consumer loyalty used multiple linear regression analysis. Intake of data using purposive sampling method is intentional data taking to 150 respondents with criterion age above 16 years and consumer of Hokeng coffee. Taking data by direct interview and using questionnaire. The result of data processing shows that the feature variable (X2) has the greatest effect with the regression coefficient of 0.431. Hypothesis testing through F test is known that six variables used simultaneously or simultaneously effect to consumer loyalty. Hypothesis testing using t test shows that of six variables used not all partially effect on consumer loyalty. Of the six product quality variables only the performance variables (X1) have no significant effect on consumer loyalty, while the other five variables (feature X2), aesthetics (X3), reliability (X4), suitability (X5) and endurance (X6)) have a significant influence on consumer loyalty of Kopi Hokeng products. Keywords : Hokeng Coffee, Product Quality, Consumer Loyalty

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hokeng Coffee, Product Quality, Consumer Loyalty
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program
Depositing User: Sugiharto .
Date Deposited: 03 Apr 2018 04:10
Last Modified: 03 Apr 2018 04:10
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item