Inovasi layanan perpustakaan di masa pandemi (studi kasus SDN Simomulyo IV/101 Surabaya)

SUSANTI, IKA (2021) Inovasi layanan perpustakaan di masa pandemi (studi kasus SDN Simomulyo IV/101 Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN PLAGIASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK IKA SUSANTI .2021.17540005. Inovasi Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Studi Kasus SDN Simomulyo IV/ 101 Surabaya. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : (1) Fahriyah, S.Sos., MA. (2) Yanuastrid Shintawati, S.IPI., M.Si. Covid-19 adalah bencana besar yang menjadikan banyak aktivitas umat manusia yang terhenti salah satunya adalah dunia pendidikan. Sehingga semua kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Tidak terkecuali layanan perpustakaan, maka dengan adanya situasi tersebut diharapkan pustakawan dapat menciptakan inovasi layanan agar kegiatan layanan dapat berjalan dengan semestinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mempunyai tujuan untuk melakukan penelitian dengan judul Inovasi Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi Studi Kasus SDN Simomulyo IV/101 Surabaya guna mengetahui inovasi layanan yang sudah diberikan kepada peserta didik dan warga disekitar sekolah. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan langsung pada informan secara face to face menggunakan teknik triangulasi yaitu menggabungkan dari berbagai sumber. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di lapangan. Dalam proses observasi peneliti melakukan pengamatan inovasi layanan perpustakaan yang ada di SDN Simomulyo IV/ 101. Kemudian peneliti melakukan wawancara kepada lima orang sebagai informan yaitu koordinator perpustakaan, dua guru kelas, dan dua wali murid yang telah mengetahui sekaligus ikut merasakan dari layanan tersebut, sehingga peneliti dapat memberikan pertanyaan yang telah disesuaikan. Proses dokumentasi dengan mengumpulkan foto objek yang sudah diteliti. Dari hasil penelitian dengan mengacu pada teori Inovasi Pengembangan Perpustakaan menurut (Trini Haryanti:2010) terbagi menjadi empat, diantaranya adalah: (1) Inovasi Layanan; (2) Inovasi Kegiatan; (3) Inovasi Pemberdayaan Masyarakat; (4) Inovasi Kemitraan; maka dapat disimpulkan bahwa inovasi layanan SDN Simomulyo IV/ 101 telah sesuai. Hal ini dapat dilihat dengan adanya inovasi layanan yang telah diberikan kepada peserta didik dan seluruh warga di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut: (1) Perpustakaan telah memberikan inovasi layanan dari perpustakaan konvensional diubah menjadi layanan perpustakaan online secara daring berbentuk link; (2) Perpustakaan telah memberikan inovasi layanan kegiatan kepada siswa melalui kegiatan yang disesuaikan dengan tema; (3) Perpustakaan telah memberikan inovasi kegiatan pemberdayaan guru dan siswa dengan program yang ditujukan oleh guru dan siswa; (4) Perpustakaan telah memberikan kegiatan inovasi kemitraan dan kerjasama yang dilaksanakan dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya;

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Inovasi Layanan Perpustakaan; Pandemi; SDN Simomulyo IV/ 101 Surabaya
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Ika Susant Ika Ika
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:50
Last Modified: 23 Mar 2021 06:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year