Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui home industry permen susu di dusun penyaring kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa Besar

Levi, Agatha Kristiani (2018) Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui home industry permen susu di dusun penyaring kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa Besar. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
Agatha Kristiani Levi - SKRIPSI.pdf

Download (811kB) | Preview
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Home Industri merupakan wadah bagi setiap lapisan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian hidup mereka, sebagian masyarakat di Dusun penyaring Moyo Utara. Disamping itu Home Industri juga merupakan kegiatan yang mampu memberikan lapangan pekerjaannya, mengurangi pengguran dan meninggkatkan kesejahteraannya. Dan di Dusun Penyaring Moyo utara ini hampir pekerjanya semua adalah ibu-ibu rumah tangga dan beberapanya anak perempuan. Terlibatnya para ibu-ibu ini dalam suatu usaha rumahan adalah demi kelangsungan hidup para keluarganya, karena di Dusun moyo utara ini penduduknya berekonomi rendah, peran mereka sebagai ibu pun semakin banyak karena mereka juga harus membagi waktu yaitu mengatru seluruh ngoota keluraga mereka dan menjadi pegawai home industri. Adapun rumusan masalah yaitu peran ibu rumah tangga dalam meninggkat kesejahteraan keluarga, kendala yang dialami oleh ibu rumah tangga dan upaya yang dilalukan. Metode yang di pakai penelitian yang bersifat deskriptif,sumber data: data primer dan data skunder, fokus penelitian, penentuan informan:s tehnik snow ball, tehnik pengumpulan data: wawancara in-depth interview,observasi partisipan dan dokuemen yang berupa foto-foto, tehnik analisi data dan tehnik keabsahan data. Hasil penelitian tersebut, di bidang reproduksi yaitu: peran ibu sangat domianan dan menetukan keputusan reproduksi, di bidang pengeluaran pokok yaitu: mendapat kepercayan untuk mengatur keuangan keluarga, di bidang pembentukan keluarga yaitu: ibu juga sanagat mementukan masa depan sang anak, di bidang sosial yaitu:selain kegiatan lain ibu rumha tangga ini aktif dibidang sosial. Adapun hasil penelitian mengambil kesimpulan bahwa di Dusun Penyaring Moyo Utara ini hampir semua para ibu-ibu rumah tangga bekerja dan mereka tidak tergantung pada suami mereka,pekerjaan yang diambil mereka demi kebutuhan mereka sendiri disamping itu mereka juga harus merelakan waktu berharga dengan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Ibu, Home Industri.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program
Depositing User: Dadang -
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:08
Last Modified: 07 Nov 2018 04:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item