Analisis Bauran Pemasaran Stik Kimpul Beku Terhadap Minat Beli Konsumen

Wardhana, Ega Putra (2021) Analisis Bauran Pemasaran Stik Kimpul Beku Terhadap Minat Beli Konsumen. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hasil Plagiasi Ega.pdf

Download (11MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Ega Putra Wardhana. 16230005. Analisis Bauran Pemasaran Stik Kimpul Beku Terhadap Minat Beli Konsumen. Di bawah bimbingan Ir. Tri Rahayuningsih, MA dan Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, MT Stik kimpul beku adalah camilan makanan ringan yang berbentuk panjang, menyerupai tongkat yang berbahan utama tepung terigu menggunakan proses memasak di goreng (Galih, 2014). Stik kimpul beku merupakan produk inovasi berbahan baku kimpul dengan subtitusi kacang hijau sebagai sumber protein, dan penambahan konsentrasi karagenan untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Stik kimpul beku merupakan makanan siap saji dan bergizi produk ini merupakan produk baru sehingga bagi pelaku usaha stik kimpul beku perlu melakukan pengenalan produk kepada masyarakat (Pratama, 2020). Oleh karena itu perlu dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ditinjau dari bauran pemasaran (4p) yaitu produk (product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli pada produk stik kimpul beku. Penelitian ini dilakukan di daerah Taman, Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. Pelaksanaan dimulai pada bulan Juli 2020. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 10 responden di uji validitas dan uji reliabilitas apabila telah dinyatakan valid dan reliabel, maka dilakukan penyebaran kuesioner pada sampel sebanyak 100 responden. Uji validitas kuesioner dinyatakan valid apabila r hitung > r tabel, r tabel memiliki nilai sebesar 0,197. Pada uji reliabilitas dinyatakan reliable apabila sama atau melebihi Alpha Croncbach 0,6. Uji validitas dilakukan untuk mengetahui apakah alat ukur tersebut memiliki ketepatan dalam melakukan pengukuran. Uji reliabilitas berguna untuk mengetahui apakah kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan tingkat ketepatan, keakuratan, dan konsistensi. Data yang diperoleh akan dihitung dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Pada penelitian ini analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta-fakta dengan cara menganalisis, mengelolah dan mengintrepetasi data. Analisis faktor merupakan suatu analisis yang mereduksi variabel-variabel asal yang memiliki dalam jumlah besar menjadi beberapa faktor. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui hubungan antar faktor-faktor bauran pemasaran Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3) dan Promosi (X4) dengan minat beli (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independent (4P) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk stik kimpul sedangkan bila diuji secara parsial hanya variabel produk (X1), variabel tempat (X3) dan variabel promosi (X4) yang memiliki hubungan secara signifikan terhadap minat beli. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan sebagai berikut: Y = 1.241 + 0,442 X1 + 0,427 X3 + 0,545 X4 Pada persamaan tersebut dapat diketahui bahwa konstanta sebesar 1.241 mengindikasikan bahwa jika variabel produk (X1), Variabel promosi (X3), dan variabel distribusi (X4) dianggap nol, maka minat beli (Y) nilainya 1.241. Koefisien regresi variabel produk (X1) sebesar 0,442 artinya jika produk mengalami kenaikan sebesar 1 unit, maka minat beli konsumen akan mengalami peningkatan sebesar 44,2%. Koefisien regresi variabel promosi (X2) sebesar 0,427 artinya jika promosi mengalami kenaikan sebesar 1 unit, maka minat beli konsumen akan mengalami peningkatan sebesar 42,7%. Koefisien regresi variabel distribusi (X4) sebesar 0,545 artinya jika distribusi mengalami kenaikan sebesar 1 unit, maka minat beli konsumen akan mengalami peningkatan sebesar 44,2%. Kata Kunci : Stik kimpul beku, Bauran pemasaran, Minat beli konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Stik kimpul beku, Bauran pemasaran, Minat beli konsumen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program
Depositing User: ega putra wardhana
Date Deposited: 16 Mar 2021 05:54
Last Modified: 16 Mar 2021 05:54
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8072

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year