Susilowati, Anik (2021) Relevansi penerapan manajemen yang berstandar ISO 9001:2015 oleh pelaku usaha bagi perlindungan konsumen. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Relevansi Penerapan Manajemen Yang Berstandart ISO 9001 : 2015 Oleh Pelaku Usaha Bagi Perlindungan Konsumen” bertujuan pertama untuk mengerahui fungsi penerapan manajemen yang berstandar ISO 9001 : 2015 bagi pelaku usaha. Kedua untuk mengetahui dan menganalisa akibat hukum terhadap produk yang tidak berstandart ISO 9001 : 2015 bagi perlindungan konsumen. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif yang merupakan penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap peraturan perundang undangan dan literatur yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan penelitian pertama: Adanya penerapan Sistem Manajemen mutu dan manfaatnya mempunyai peranan penting bagi pelaku usaha dan konsumen karena dengan adanya sistem manajemen mutu dan standarisasi suatu produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sudah ada proses dan standar mutu yang harus dilalui. Arti penting standar ISO sendiri adalah menjadikan suatu perusahaan mempunyai manajemen mutu yang teratur sehingga bisa menghasilkan suatu produk yang bermutu. Kedua : akibat hukum yang akan dijalankan oleh lembaga yang memberikan standarisasi dalam ISO akan memberikan jaminan kepada konsumen sebagaimana yang telah ditatapkan dalam pasal 4 UUPK guna menjaga keseimbangan dan kenyamanan bagi para pengguna produk barang dan jasa dan bagi pelaku usaha tidak dapat mempunyai sertifikasi yang berstandar ISO 9001 : 2015. Dengan adanya standar ISO yang dilakukan oleh lembaga indepen dapat menjaga netralitas antara produsen satu dengan yang lainnya. Perlindungan konsumen terhadap produk yang memiliki standar kini sangat diperlukan bagi perusahaan yang bersaing secara global, karena Perusahaan atau brand yang memiliki kualitas jaminan produk akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Standar ISO, Manajemen mut
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Perlindungan Konsumen, Standar ISO, Manajemen mutu |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law |
Depositing User: | Anik Susilowati Uwks |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:57 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:57 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7937 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year