Faktor-faktor yang memperngaruhi audit delay pada perusahaan consumer goods di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Syamsi, Indy Rizkita (2018) Faktor-faktor yang memperngaruhi audit delay pada perusahaan consumer goods di Bursa Efek Indonesia (BEI). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
EREPOSITORY.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Banyaknya perusahaan yang go public membuat semakin banyaknya keperluan akan informasi keuangan. Informasi keuangan tersebut haruslah memberikan manfaat bagi penggunanya. Laporan keuangan tahunan dan laporan independen perusahaan publik paling lambat dilaporkan 90 hari setelah tanggal laporan keuangan tahunan pada BAPEPAM sesuai dengan lampiran BAPEPAM nomor keputusan 80/PM/1996 yang diubah menjadi lampiran surat keputusan ketua BAPEPAM Nomor Kep-36/PM/2003. Informasi yang diperlukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dapat bermanfaat apabila disajikan secara tepat waktu, namun informasi tidak lagi bermanfaat bila tidak disajikan secara akurat dan tepat waktu, karena informasi tersebut akan berguna dalam hal pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pentingnya publikasi laporan keuangan auditan sebagai informasi yang sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis di pasar modal. Rentang waktu penyelesaian audit laporan keuangan turut mempengaruhi manfaat informasi laporan keuangan auditan yang dipublikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay. Faktor tersebut adalah profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, laba/rugi operasional, dan ukuran KAP. Populasi penelitian adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Di sisi lain, profitabilitas, ukuran perusahaan, laba/rugi operasional, dan ukuran KAP tidak memiliki pengaruh terhadap audit delay. Kata Kunci: Audit Delay, profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, laba/rugi operasional, dan ukuran KAP.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Audit delay, profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, laba/rugi operasional dan ukuran KAP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Agus Junaidi
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:21
Last Modified: 09 Apr 2018 06:21
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item