Bahtiar, Reza Syehma (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPS. Universitas Kanjuruhan Malang. (Unpublished)
Text
12. Cek Plagiasi PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS. Kenyataan dalam kegiatan belajar mengajardi kelas, siswa SD cenderung mengerjakan tugas karena ingin memperoleh suatu nilai tanpa memahami manfaat pemberian tugas tersebut. Siswa cenderung berpikir mata pelajaran IPS tidak bermakna karena hanya berupa hafalan. Hal ini terjadi karena guru menggunakan metode ceramah secara terus-menerus tanpa adanya motivasi untuk membangkitkan minat belajar siswa. Dalam permasalahan ini, model pembelajaran berdasarkan masalah dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode. Model penelitian yang dilakukan bersifat empiris untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (X) terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS (Y). Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : model pembelajaran berdasarkan masalah, minat belajar, IPS
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 05:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 05:27 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7656 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year