Pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V materi volume bangun ruang mata pelajaran matematika di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo

khasana, viva aprilya (2020) Pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V materi volume bangun ruang mata pelajaran matematika di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
Official URL: hhtps://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Khasana, Viva Aprilya. 2020. Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakutas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Kata kunci : Hasil belajar, Media pembelajaran, instagram Penelitian ini dilatarbelakangi atas memanfaatkannya kecanggihan teknologi dengan cara yang tepat dapat membuat telekomunikasi mampu dimanfaatkan untuk media pembelajaran yang baru. Dalam hal ini peneliti membuat inovasi untuk menggunakan aplikasi instagram pada proses pembelajaran. Adapun tujuan atas penelitian ini ialah mengetahui pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Jenis penelitiannya ialah penelitian eksperimen. Yang desain penelitiannya yang dipergunakan merupakan Quasi Experimental atau eksperimen semu. Populasi yang dipergunakan dipenelitian ini ialah kelas V di SDN Bakung Temenggungan. Sampel yang dipergunakan pada penelitian ini ialah nonprability sampling dengan sampling jenuh sehingga seluruh populasi dipergunakan sebagai sampel. Instrumen penelitiannya menggunakan instrumen berupa tes, yaitu pretest serta posttest. Menurut dari hasil penelitian maupun pembahasan, diperoleh simpulan bahwa adanya pengaruh aplikasi instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Hal tersebut bisa dilihat atas hasil uji normalitas, uji homogenitas maupun uji independent t-test dengan nilai signifikansi (2- tailled) ≤ 0,05 yang bernilai 0,017 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil belajar, Media pembelajaran, instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Viva Aprilya Khasana
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:49
Last Modified: 11 Aug 2020 04:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year