Damayanti, Rini (2018) Penggunaan Strategi Polya untuk Pemahaman Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Fakultas Bahasa dan Sains UWKS.. (Unpublished)
Text
4. Penggunaan Strategi Polya(2).pdf Download (504kB) |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan strategi polya untuk pemecahan masalah soal cerita dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran pemecahan masalah strategi polya ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kemampuan peserta didik yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal cerita tidak hanya kemampuan skill (keterampilan) dalam menggunakan algoritma tertentu saja melainkan dibutuhkan juga kemampuan yang lain, yaitu kemampuan dalam menyusun rencana atau strategi yang akan digunakan dalam mengerjakan soal. Penelitian ini menggunakan metode statistic kuantitatif inferensial. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penentuan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dengan metode tes, data ini kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya. Analsis data yang digunakan metode statistic uji-t dengan daerah penerimaan Ho -2,042< T hitung< 2,042. Hasil yang diperoleh T hitung – 37,08 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran pemecahan masalah strategi Polya dengan pembelajaran konvensional dalam pemahaman soal cerita. Hal tersebut membuktikan strategi Polya sesuai diterapkan untuk pemecahan masalah soal cerita dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Pemecahan masalah, strategi polya, soal cerita
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 04:24 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 04:24 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6436 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year