Efek Serbuk Daun Gulma Babadotan (Ageratum conyzoides L) Terhadap Kesembuhan Luka Insisi Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus)

Hermawan, Made Budi (2018) Efek Serbuk Daun Gulma Babadotan (Ageratum conyzoides L) Terhadap Kesembuhan Luka Insisi Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (967kB) | Preview
Official URL: https://UWKS.ac.id

Abstract

ABSTRAK Daun babadotan juga sering digunakan sebagai obat penyembuh luka dan memar dengan cara daun ditumbuk dan di bubuhkan diatas luka atau memar, tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas perbedaan pemberian dosis serbuk daun babadotan (Ageratum conyzoides L) terhadap lama penyembuhan luka insisi pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus), karena daun Ageratum conyzoides L mengandung senyawa-senyawa metabolit sekunder seperti terpenoid, sterol, alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri dan kumarin. Kandungan senyawa alkaloid dan flavonoid pada tanaman babadotan mempunyai konsentrasi yang sangat tinggi yaitu pada flavonoid 57,2%, alkaloid 40,1%, hal tersebut yang sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka dan memacu pembentukan kolagen dalam proses kesembuhan luka. Sampel yang digunakan adalah 25 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang berumur 2 bulan dengan berat badan antara 150g – 200g, kemudian dilukai pada daerah punggungnya. Rancangan yang digunakan pada percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk daun babadotan pada dosis 35g dan 45g mempunyai efektifitas penyembuhan luka insisi tikus putih jantan (Rattus norvegicus) pada hari ke 7 hampir sama dengan pemberian povidone iodine 10%. Untuk mendapatkan informasi tentang penyembuhan luka, perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait efek serbuk daun babadotan terhadap perlakuan yang lain seperti luka bakar. Kata Kunci : Serbuk Daun Gulma Babadotan (Ageratum conyzoides L), Luka Insisi, obat luka

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Serbuk Daun Gulma Babadotan (Ageratum conyzoides L), Luka Insisi, obat luka
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: Devi Ramayati
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:16
Last Modified: 22 Mar 2018 04:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item