Rehabilitasi bagi pecandu narkotika setelah putusan pengadilan negeri (Analisa Putusan Pengadilan Negeri No. 32/Pid/B/2014)

Zulkarnaen, Ricki (2017) Rehabilitasi bagi pecandu narkotika setelah putusan pengadilan negeri (Analisa Putusan Pengadilan Negeri No. 32/Pid/B/2014). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
cover 14.pdf

Download (529kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Thesis ini berjudul : REHABILITASI BAGI PECANDU NARKOTIKA SETELAH PUTUSAN PENGADILAN NEGERI, dimana bentuk tindak pidana narkotika yang umum dikenal antara lain adalah penyalah gunaan melebihi dosis, pengedaran narkotika. Peran hukum dalam hal ini adalah untuk penanggulangan kejahatan melalui kebijakan hukum pidana dan merupakan salah satu usaha dalam penegakan hukum. Berkaitan dengan masalah penyalahgunaan narkotika, maka kebijakan hukum pidana berperan dalam memposisikan pecandu narkotikasebagai korban, bukan pelaku kejahatan. Tujuan thesis ini adalah mengkaji hubungan rehabilitasi bagi pecandu narkotika dengan tujuan pemidanaan. Metode penelitian ini menggunakan beberapa pendekatan , yakni pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus diharapkan bisa menggali lebih dalam masalah yang dikaji penulis dalam penulisan ini. Dari pendekatan yang digunakan , penulis menemukan dimana penegakan hukum narkotika ditempuh dengan hukum pidana sebagai salah satu cara yang efektif. Adapun strategi yang digunakan untuk rehabilitasi adalah dengan cara rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Sehingga harapannya adalah bisa memberikan efek jera terhadap pecandu narkoba . Sehingga kelak bisa kembali ke maasyarakat dengan keadaan yang sehat. Masa rehabilitasi tersebut merupakan masa penahanan, sehingga bukan hal yang terpisah namun merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Master in Law Sciences Study Program
Depositing User: Bambang Wahyujatmiko
Date Deposited: 26 Jan 2018 07:38
Last Modified: 26 Jan 2018 07:38
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item