Penanganan hukum dan penerapan manajemen risiko terhadap kompleksitaas permasalahan yang timbul atas penjualan berbagai produk asuransu pada bisnis Bancasurance

Sutanto, Dedy (2017) Penanganan hukum dan penerapan manajemen risiko terhadap kompleksitaas permasalahan yang timbul atas penjualan berbagai produk asuransu pada bisnis Bancasurance. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
cover 12.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kemajuan teknologi, perkembangan bisnis dan semakin semakin bervariasinya kebutuhan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, ikut berkembang pula industri finansial termasuk industri asuransi. Produk asuransi dan model pemasaran produk asuransi semakin beragam dan kompleks. Perbankan sebagai lembaga mediasi keuangan yang menyimpan dan menyalurkan dana masyarakat yang memiliki akses langsung dengan masyarakat, otomatis menjadi taarget pemasaran yang sangat potensial dari perusahaan investasi termasuk asuransi. Atas dasar pertimbangan sosialisasi kepada masyarakat agar juga memiliki kesadaran pentingnya memiliki asuransi, memudahkan akses dan juga peningkatan bisnis asuransi maka terbentuklah kerjasama bisnis antara perbankan dengan perusahaan asuransi dengan nama bancassurance. Vaarian produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah perbankan mulai bermunculan dan bisa jadi jumlah produk asuransinya lebih banyak daripada produk bank itu sendiri. Bukan saja jenis fundsnya yang cukup banyak, varian produk yang dihasilkan juga sangat banyak. Hal ini tentu saja disertai peningkatan risiko dan semakin banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh bank, perusahaan asuransi maupun pemegang polis dan tertanggung. Prinsip penerapan tata kelola perusahaan yang baik(good corporate govermence), manajaemen risiko yang memadai dan praktek penjualan yang sehat harus terus ditingkatkan dan dapat dikelola dengan baik oleh bank dan perusahaan asuransi itu sendiri. Sehingga segala potensi terjadinya risiko yang merugikan banyak pihak bisa dihindari. Pada akhirnya baik OJK, Perbankan, Perusahaan Asuransi dituntut untuk terus mengupayakan berbagai perbaikan peraturan menyesuaikan dengan perkembangan produk dan bentuk kerjasama bisnis yang semakinkompleks.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Master in Law Sciences Study Program
Depositing User: Bambang Wahyujatmiko
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:34
Last Modified: 26 Jan 2018 04:34
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item