Konsep pendidikan dalam rangka perlindungan hukum guru dutinjau dari perspektif hukum di Indonesia

Soleh, Badrus (2017) Konsep pendidikan dalam rangka perlindungan hukum guru dutinjau dari perspektif hukum di Indonesia. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
cover 11.pdf

Download (742kB) | Preview
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha setiap bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga membantu memperlancar pelaksanaan pembangunan nasional Indonesia. Usaha pendidikan ini ditujukan untuk mengembakan cipta, rasa dan karsa yang ada sehingga setiap manusia diharapkan mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional maupun kehidupan global. Berkaitan dengan pendidikan, Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud harus segera merealisasikan perlindungan guru, agar dalam melaksanakantugas guru merasa nyaman dan tentram, serta tidak mudah dikriminalisasi/ Dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen sehingga setiap guru mendapatkan perlindungan terhadap hak yang dimiliki dan kewajiban yang harus dilaksanakan . 1. Hak guru dalam undang-undang Guru dan Dosen Pasak 39 ayat 2 disebutkan bahwa perlindungan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 meliputi perlindungan hukum,perlindungan tenaga pendidik serta perlindungan keselamatan dan keselamatan kerja/ Demi terwujudnya sistem pendidikan nasional, maka pemerintah perlu melihat fakta di lapangan, bagaimana penerapankebijakan yang telah ditetapkan, Apakah sudh dapat dilaksanakan dengan baik atau belum. Apabila memang sudah berjalan dengan baik maka pemerintah boleh saja menaambah kebijakan sebijakan baru yang akansemakin meningkatkan mutu pendidikan. Hukuman disesuaikan dengan lingkungan bukan penghakiman. Dalam undang-undang nomor 14tahun 2005 pasal 7 ayat 1 huruh h, Guru mempunyai hak dan kewajiban antara lain : memperoleh pelindungan dalam melaksanakan tugas dan memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dn ikut menentukan kelulusan, penghargaan dan atau sanksi kepada peserta didik sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru dan peraturan perundang-undangan ; dan memperoleh rasa dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Master in Law Sciences Study Program
Depositing User: Bambang Wahyujatmiko
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:47
Last Modified: 26 Jan 2018 03:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item