REFORMASI BIROKRASI SEBAGAI PELAYAN PUBLIK.

Ani Lestari, Ratna (2019) REFORMASI BIROKRASI SEBAGAI PELAYAN PUBLIK. UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text
NASKAH JURNAL KOMPLIT COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara berkembang atau negara dunia ketiga, reformasi adalah suatu hal yang selalu melekat dalam rangka mewujudkan perbaikan dan kemajuan negara. Reformasi yang melanda Indonesia sejak tahun 1998 hingga kita terus bergulir, dan belum menampakkan akan ke arah mana ia berakhir. Birokrasi yang terlau hirarkihis, terlihat ketika ada kebiasaan kerja bahwa setiap hal atau pekerjaan harus menunggu petunjuk, perintah dan persetujuan dari atasan. Akibatnya kreatifitas, inisiatif dan sikap kemandirian birokrasi menjadi berkurang. Kualitas pelayanan birokrasi dinilai buruk, lama, berbelit-belit. Reformasi birokrasi sebagai pelayan publik, maka reformasi itu harus segra dilakukan dan terarah dan penuh dengan metode atau perhitungan yang matang. Pelayanan yang baik terhadap publik adalah pelayanan yang dilakukan oleh birrokrasi yang merasa dirinya adalah bagian dari publik (pelayan publik), bukan birokrasi yang mempersulit publik dengan berbagai peraturan-peraturan dan syarat-syarat yang sengaja di persulit. Kata Kunci: Birokrasi Publik, Reformasi Birokrasi, Pelayan Publik

Item Type: Other
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Sociology Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:14
Last Modified: 08 Nov 2019 03:14
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item