Analisis faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli produk food bar free gluten

Prabowo, Hendrik Gatut (2019) Analisis faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli produk food bar free gluten. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (752kB)
Official URL: https:://uwks.ac.id

Abstract

Food bar merupakan produk pangan padat yang berbentuk batang dan merupakan campuran dari berbagai bahan kering seperti sereal, kacang-kacangan, buah-buahan yang digabungkan menjadi satu. Menurut, Irbawan, M. (2018) Food bar free gluten merupakan produk hasil inovasi dari food bar dengan karakteristik yang sama dengan food bar. Sifat pada produk ini merupakan makanan siap saji atau instan, bergizi dan tergolong produk yang baru sehingga memiliki kesempatan untuk pelaku usaha mengenalkan dan mengembangkan produk food bar free gluten di masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ditinjau dari bauran pemasaran (4P) yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) dan Promosi (Promotion). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli terhadap produk food bar free gluten. Penelitian ini dilakukan di daerah Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Desember 2018. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 10 responden di uji validitas dan uji reliabilitas apabila telah dinyatakan valid dan reliabel, maka dilakukan penyebaran kuesioner pada sampel sebanyak 100 responden. Uji validitas kuesioner dinyatakan valid apabila r hitung > r tabel, r tabel memiliki nilai sebesar 0,197. Pada uji reliabilitas dinyatakan reliable apabila sama atau melebihi Alpha Croncbach 0,6. Uji validitas dilakukan untuk mengetahui apakah alat ukur tersebut memiliki ketepatan dalam melakukan pengukuran. Uji reliabilitas berguna untuk mengetahui apakah kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan tingkat ketepatan, keakuratan, dan konsistensi. Data yang diperoleh akan dihitung dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Pada penelitian ini analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta-fakta dengan cara menganalisis, mengelolah dan mengintrepetasi data. Analisis faktor merupakan suatu analisis yang mereduksi variabel-variabel asal yang memiliki dalam jumlah besar menjadi beberapa faktor. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui hubungan antar faktor-faktor bauran pemasaran Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3) dan Promosi (X4) dengan minat beli (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independent (4P) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk food bar free gluten sedangkan bila diuji secara parsial hanya variabel harga (X2) dan variabel promosi (X4) yang memiliki hubungan secara signifikan terhadap minat beli. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan sebagai berikut: Y = 0,613 + 0,379 X2 + 0,324 X4 Pada persamaan tersebut dapat diketahui bahwa dari seluruh variabel independent dalam penelitian hanya ada 2 variabel harga (X2) dan variabel promosi (X4) yang mempengaruhi variabel minat beli (Y) dan 2 variabel independent yang tidak mempengaruhi variabel minat beli (Y) yaitu variabel produk (X1) dan variabel tempat (X3).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Food bar free gluten, Bauran pemasaran, Minat beli konsumen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program
Depositing User: Hendrik Gatut Prabawa
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:32
Last Modified: 16 Oct 2019 03:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year