Arsa, Armadya (2019) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi pada Siswa Kelas V MI Hasyim Asy'ari Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
Armadya Arsa PGSD.pdf Download (675kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hasyim Asy’ari Surabaya, kelas V semester II tahun pelajaran 2019-1020. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non randomized pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar dan 24 siswa kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa dengan menggunakan media gambar yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 85,09 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 77,23. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 84,14 dan kelas kontrol sebesar 81,90. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu uji independent sampel t-test dan diperoleh pada taraf signifikan 0,05. Karena niai signifikansi 0,028 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V MI HASYIM ASY’ARI Surabaya. ABSTRACT This study aims to describe the effect of using picture media on poetry writing skills. This research was conducted in MI Hasyim Asy'ari Surabaya, class V in semester II of the school year 2019-1020. The method used in this method is quasi-experimental with a non-randomized pretest posttest control group design. Sampling using purposive sampling technique. The sample of this study amounted to 24 students in the experimental class using image media and 24 control class students using conventional learning. Based on the posttest results, it was found that the average poetry writing skills in students using image media, namely in the experimental class was higher than the average poetry writing skills in students taught with conventional learning in the control class. The average value of the pretest obtained by the experimental class is 85.09 and the average value of the control class is 77.23. After taking action in both classes, the average posttest of the experimental class was obtained at 84.14 and the control class at 81.90. Hypothesis calculation using t-test is an independent test sample t-test and obtained at a significant level of 0.05. Because of the significance of 0.028 <0.05, H0 is rejected Ha accepted, so it can be concluded that there is an influence of the use of image media on poetry writing skills in fifth grade students of MI HASYIM ASY'ARI Surabaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan meda gambar, kemampuan menulis puisi |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Armadya Arsa |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 06:46 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4794 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year