Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan bercerita siswa pada materi cerita fiksi di kelas IV di Santa Angela Surabaya

Crisnawati, Maria Novita (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan bercerita siswa pada materi cerita fiksi di kelas IV di Santa Angela Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan terhadap kurangnya keterampilan bercerita siswa pada pengalaman PPL tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan bercerita siswa pada materi cerita fiksi kelas IV SDK Santa Angela Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDK Santa Angela Surabaya sebanyak 46 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Treatment yang diterapkan di kelompok eksperimen adalah model pembelajaran jigsaw. Ada 8 langkah dalam model jigsaw pembagian topik pelajaran menjadi empat subtopik, memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, pembagian kelompok (kelompok asal), subtopik diberikan kepada setiap siswa, mencari teman yang nomor pertanyaannya sama (kelompok ahli), mengerjakan pertanyaan sesuai subtopik dalam kegiatan ini siswa saling melengkapi dan berinteraksi satu dengan yang lain, kembali ke kelompok asal, mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa pada materi cerita fiksi kelas IV terlihat pada hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang meningkat. Rerata nilai pada kelas eksperimen pretest 54,21 dan posttest 84,54 sedangkan rerata nilai pada kelas kontrol pretest 50,36 dan posttest 77,09. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan bercerita siswa, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: model jigsaw, keterampilan bercerita, materi cerita fiksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Maria Novita Crisnawati
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:16
Last Modified: 17 Sep 2019 02:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4793

Actions (login required)

View Item View Item