Peningkatan kecerdasan emosional melalui model pembelajaran debat kelas V SDK St.Mikael Surabaya

Imakulata, Junita Enson (2019) Peningkatan kecerdasan emosional melalui model pembelajaran debat kelas V SDK St.Mikael Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (742kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Kecerdasan Emosional (EQ) merupakan kemampuan sesorang memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerjasama dengan orang lain. Kecerdasan Emosional merupakan faktor lain yang menyumbang 80 % bagi kesuksesan seseorang. Peningkatan kecerdasan emosional sangatlah penting dalam pembelajaran PKn materi Hak dan Kewajiban dengan menggunakan model pembelajaran debat. Adapun yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kecerdasan emosional yakni : Mengembangkan kepedulian dan sikap penghargaan terhadap sesama, mengajarkan tanggung jawab dan integritas serta membantu siswa dalam memecahkan masalah . Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Debat pada siswa kelas V SDK St.Mikael Surabaya, pada pembelajaran ini dibagi dalam dua kelompok yang terdiri dari tiga orang per kelompok dan beradu argumentasi sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh fasilitator yang adalah guru kelas sendiri. termasuk jenis penelitian Kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu peneliti memaparkan keadaan dilokasi penelitian apa adanya dalam bentuk kata atau kalimat. Penelitian ini dilakukan di SDK St. Mikael kecamatan krembangan kota Surabaya, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data ini termasuk triangulasi yang artinya peneliti mengumpulkan data sekaligus menguji kredibilitas data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan kecerdasan emosional melalui model pembelajaran debat siswa kelas V SDK St. Mikael Surabaya telah dilaksanakan dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Model Pembelajaran Debat, Pembelajaran PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Junita Enson Imakulata
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:21
Last Modified: 17 Sep 2019 02:21
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year