Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya

muchoyaroh, siti (2019) Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Muchoyaroh, Siti. 2019. Pengaruh Media Scrapbook (buku tempel) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains.Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I : Hery Setiyawan, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dra. Suprihatien, M.M, M.Pd. Kata Kunci : Scrapbook, Hasil Belajar, Matematika, dan Jaring-Jaring Bangun Ruang. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Metode ceramah memunyai sifat searah sehingga siswa akan merasa cepat bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam menyampaikan pembelajaran agar siswa lebih aktif, tidak cepat merasa bosan, dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang cocok digunakan adalah media scrapbook. Penerapan media scrapbook dapat membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh dikarenakan proses pembelajarannya lebih menarik sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya. Media scrapbook (buku tempel) adalah media dua dimensi berbentuk sebuah buku yang diisi gambar jaring-jaring bangun ruang kemudian dirangkai lebih kreatif dan menarik sehingga bisa menjadi bahan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya yang terdiri atas 2 kelas. Pemilihan sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik nonprabability sampling dengan teknik sampling jenuh dan terpilih kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrument pada penelitian ini adalah lembar tes. Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis Uji Independent Samples T-test menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,009 < 0,05. Artinya Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Scrapbook, Hasil Belajar, Matematika, dan Jaring-Jaring Bangun Ruang.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Muchoyaroh
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:08
Last Modified: 13 Sep 2019 02:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item