Pengaruh penggunaan video animasi terhadap ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahur Rahman Surabaya

Suci Rahma, Jayanti (2019) Pengaruh penggunaan video animasi terhadap ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahur Rahman Surabaya. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
SUCI RJ 15650039.pdf

Download (748kB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Jayanti, Suci Rahma. 2019. “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Miftahur Rahman Surabaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen pembimbing I: Dr. Rida Wahyuningrum, M.Pd, Dosen pembimbing II: Dra. Suprihatien, M.M., M.Pd. Kata kunci : Penggunaan Video Animasi, Hasil Belajar, IPA Video animasi pembelajaran adalah serangkaian gambar gerak disertai suara yang dirangkai menjadi alur, dengan memberikan pesan-pesan di dalamnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Pada proses pembelajaran siswa ditayangkan media video animasi untuk mengetahui daur hidup hewan dengan menampilkan gambar yang bergerak disertai suara. Seluruh siswa yang melihat media video animasi tersebut terlihat sangat antusias, video animasi mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran, serta proses pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Miftahur Rahman Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel seluruh kelas V yang berjumlah 56 siswa, kelas V-A sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa, kelas V-B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji beda hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan video animasi dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pemberian video animasi tentang daur hidup hewan kelas V-B memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Video Animasi, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Suci Rahma Jayanti
Date Deposited: 12 Sep 2019 05:46
Last Modified: 12 Sep 2019 05:46
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item View Item