Pengaruh penggunaan media papan cerita bergambar dengan materi berbicara dalam bercerita pada Siswa Kelas II SDN I Menganti Gresik

Sulaiman, Arif (2019) Pengaruh penggunaan media papan cerita bergambar dengan materi berbicara dalam bercerita pada Siswa Kelas II SDN I Menganti Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ARIF SULAIMAN.pdf

Download (789kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Sulaiman, Arif 2017. “Pengaruh penggunaan media papan cerita bergambar dengan materi berbicara dalam bercerita pada siswa kelas II SDN 1 Menganti Gresik.” Skripsi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing I :Drs. Kaswadi, M.Hum; Pembimbing II : Drs. M. Heru Pragolo, S.H,M.M; Pembimbing III : Yhuda Pophyanto, S.Pd, M.Pd. Media Papan Cerita Bergambar adalah suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada pembaca; Bercerita adalah metode komunikasi universal yang sangat berpengaruh kepada jiwa manusia, bercerita merupakan kegiatan berbahasa yang bersifat produktif; Berbicara kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan media papan cerita bergambar dengan materi berbicara dalam bercerita pada siswa kelas II SDN 1 Menganti Gresik; (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media papan cerita bergambar dengan materi berbicara dalam bercerita pada siswa kelas II SDN 1 Menganti Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SDN 1 Menganti Gresik. Peneliti menggunakan metode observasi untuk memperoleh data standart kompetensi, dan hasil belajar siswa untuk menghimpun data. Hasil penelitian ini adalah : (1) Dari hasil belajar siswa prosentase yang didapat pada kelas kontrol pretest 61,68% dan posttest 81,74% sedangkan pada kelas eksperimen hasil pretest 60,74% dan posttest 88,4%; (2) Sangat berpengaruh menggunakan media papan cerita bergambar, karena siswa dapat berbicara dalam bercerita dengan mudah. Dari sebelum menggunakan media, siswa terlihat sangat bosan dengan pembelajaran yang guru berikan. Kata Kunci : Media papan cerita bergambar, bercerita, berbicara.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media papan cerita bergambar, bercerita, berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Arif Sulaiman
Date Deposited: 11 Sep 2019 08:57
Last Modified: 11 Sep 2019 08:57
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item