Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya

adinda, rizky sekar arum (2019) Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
LEMBAR PESETUJUAN.pdf

Download (985kB)
Official URL: http://uwks.ac.ic

Abstract

Keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran didukung oleh berbagai komponen yang salah satunya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran ini sebagai penghubung atau jembatan interaksi dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran tersebut berkesan bagisiswa. Salah satunya dengan menggunakan media Pop-Up Book. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media Pop-Up Book untuk meningkatkan hasil belajar di SDN Pakis V surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment, sample penelitian ini adalah siswa kelas IV B & IV D tahun ajaran 2018/2019 dan sampel 64 siswa dibagi menjadi 32 siswa dikelas eksperimendan 32 siswa dikelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu diberikan tes pilihan ganda dalam tes tersebut dibagi menjadidua yaitu pretest (sebelum diberikannya perlakuan) dan posttest (setelah diberikannya perlakuan).Teknik analisis data yang digunakan adalah UjiNormalitas, Uji Homogenitas Uji-T danUji Anova. Berdasarkan hasil analisis data , maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Tema 7 Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku SDN Pakis V Surabaya yang ditunjukkan oleh hasil uji-T yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dan media Pop-Up Book memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan uji Anova satu jalur yang ditunjukkan sebesar 76,28.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop-Up Book, HasilBelajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > English Language Education Study Program
Depositing User: Rizky Adinda Sekar Arum
Date Deposited: 11 Sep 2019 07:38
Last Modified: 11 Sep 2019 07:38
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4612

Actions (login required)

View Item View Item