Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pola penguninan bangun datar pada kelas I SDN Drancang Menganti - Gresik

Zahro, Siti Afifatul (2019) Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pola penguninan bangun datar pada kelas I SDN Drancang Menganti - Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
skripsi 15650012.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa juga kurang memperhatikan pembelajaran karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan masih jauh dari Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Media Puzzle dipilih sebagai media untuk memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, respon siswa serta peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan media Puzzle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Drancang Menganti Gresik dengan jumlah siswa sebanyak 39, 25 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif untuk mengetahui persentase aktivitas mangajar guru dan aktivitas belajar siswa dan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas mangajar guru mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 94%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 66%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 92%. Angket Respon Siswa memperoleh Persentase 89% Sangat Setuju dan 11% Setuju. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 39% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas I SDN Drancang Menganti-Gresik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Afifatul Zahroh
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:25
Last Modified: 11 Sep 2019 04:25
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item