Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Pakis V Surabaya

Wulandari, Yulia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Pakis V Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK YULIA.pdf

Download (603kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Aktivitas belajar siswa merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai seorang pelajar. Namun dalam kenyataannya siswa kelas III SDN Pakis V Surabaya masih pasif dan tidak melakukan tugasnya dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya penerapan cara mengajar yang berbeda dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar PKn siswa kelas III SDN Pakis V Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian one - shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Pakis V Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III B yang berjumlah 31 siswa, peneliti menggunakan sampel ini karena dari pengamatan sebelumnya kelas III B masih belum melaksanakan tugasnya masing – masing saat pembelajaran kelompok, siswa pasif saat pembelajaran, tidak fokus, rasa ingin tahu tentang mata pelajaran kurang, dan guru belum menerapkan pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar angket untuk mendapatkan data penelitian, kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan SPSS for windows 21-36 bit. Pengujian hipotesis dalam penelitian kuantitatif ini adalah menggunakan uji regresi linear sederhana, namun sebelum pada uji regresi sederhana data penelitian harus lolos uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar PKn siswa kelas III SDN Pakis V Surabaya dengan perolehan nilai signifikansi 0,026 yang berarti < 0,05 dan nilai t hitung 2,339 lebih besar dari pada t tabel 2,045 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima (ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas belajar PKn siswa kelas III SDN Pakis V Surabaya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yulia Wulandari
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:45
Last Modified: 11 Sep 2019 02:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4595

Actions (login required)

View Item View Item