Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Cerme Lor-Gresik

Sari, Nila (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Cerme Lor-Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
NILA UPLOAD SIAP.pdf

Download (143kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang disebabkan oleh penerapan model dan metode pembelajaran konvensional yang kurang membangkitkan kreativitas dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA materi gaya pada siswa kelas IV SDN Cerme Lor-Gresik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang dipandang lebih cocok terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa dibandingkan dengan model pembelajaran yang lainnya karena sesuai dengan kelebihan dari model pembelajaran PBL ini yaitu mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest serta dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cerme Lor-Gresik sebanyak 94 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis Uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,005 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA materi gaya pada siswa kelas IV SDN Cerme Lor-Gresik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah IPA, dan Materi Gaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nila Sari
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:15
Last Modified: 11 Sep 2019 03:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item