Pengaruh media miniatur taman Pancasila terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan bersih, sehat dan asri kelas I SDN Pakis V Surabaya

INTANANIA NURAINI, BELLA (2019) Pengaruh media miniatur taman Pancasila terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan bersih, sehat dan asri kelas I SDN Pakis V Surabaya. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
i,ii,iii.pdf

Download (625kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Kegiatan hasil belajar mengajar yang dilaksanakan di Sekolah Dasar, tentunya terdapat tujuan yang ingin dicapai. Secara umum tujuan dari kegiatan pembelajaran adalah siswa dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Ketercapaian tujuan pembelajaran disini tentunya banyak faktor, diantaranya adalah media pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Pakis V Surabaya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, semangat siswa dalam pembelajaran kurang akibat dari penggunaan model pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh beberapa siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Oleh karena itu, peneliti mencoba melaksanakan penelitian dengan menerapkan media miniatur taman pancasila untuk melihat bagaimana pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment Design (Desain Eksperimen Semu). Sampel penelitian mengambil dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian, yaitu I-B dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas I-C dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan dua kali tes yaitu pretest dan posstest berupa tes pilihan ganda dan uraian yang telah di uji ahli bidang dan media miniatur taman pancasila yang telah di uji ahli media pembelajaran. Hasil pretest dan posstest ini akan dianalisis dengan menggunakan rumus normalitas, homgenitas, dan t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengujikan media miniatur taman pancasila menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukkan dari sig. (2-tailed) hasil uji Independent sample T-Test (Posstest) signifikansi 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak Ha diterima. Pengaruh Terhadap Media Miniatur Taman Pancasila hasil belajar yang dibuktikan dengan uji Anova yaitu 83%

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Miniatur Taman Pancasila, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Bella Intania Nuraini
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:36
Last Modified: 10 Sep 2019 07:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item View Item