Kemampuan menulis cerita pendek tentang kegiatan sehari-hari siswa kelas IV SDN Pakis 8 Surabaya

YUNISWARA, ALFONSUS DANANJAYA (2019) Kemampuan menulis cerita pendek tentang kegiatan sehari-hari siswa kelas IV SDN Pakis 8 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
FILE UPLOAD.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek kegiatan sehari-hari siswa kelas IV B SDN Pakis 8 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV B SDN Pakis 8 Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Pakis 8 Surabaya. Dari 35 sampel siswa, analisis kemampuan siswa dalam memilih tema adalah Nilai rata-rata kemampuan memilih tema adalah 5,5. Nilai kategori sangat baik dalam memilih tema adalah diperoleh 3 siswa (8 %). Nilai kategori kurang dalam memilih tema terdapat 2 siswa (6 %). Nilai kategori sangat kurang terdapat 30 siswa (86 %). Dari 35 sampel siswa, analisis kemampuan siswa dalam menentukan alur adalah nilai rata-rata siswa 11,4 nilai ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dari nilai rata menentukan tema sebesar 5,5. Nilai dengan kategori sangat baik diperoleh 1 siswa (3 %). Nilai dengan kategori baik ada 19 siswa (54 %). Nilai dengan kategori kurang ada 15 siswa (43 %). Dari 35 sampel siswa, analisis kemampuan siswa dalam memilih tokoh adalah nilai rata-rata siswa 11,8 nilai ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dari nilai rata menentukan alur sebesar 11,4. Nilai dengan kategori sangat baik diperoleh 2 siswa (6 %). Nilai dengan kategori baik ada 17 siswa (48 %). Nilai dengan kategori kurang ada 16 siswa (46 %). Dari 35 sampel siswa, analisis kemampuan siswa dalam memilih gaya bahasa adalah nilai rata-rata siswa 11,0 cukup baik. Nilai ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dari nilai rata-rata menentukan alur sebesar 11,4 dan nital rata-rata menentukan tokoh sebesar 11,8. Nilai dengan kategori sangat baik diperoleh 2 siswa (6 %). Nilai dengan kategori baik diperoleh 15 siswa (43 %). Nilai dengan kategori kurang ada 15 siswa (43 %). Nilai dengan kategori sangat kurang ada 3 siswa (6 %). Dari 35 sampel siswa, analisis kemampuan siswa dalam memilih amanat adalah nilai rata-rata siswa 9,8 cukup baik. Nilai ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dari nilai rata-rata menentukan alur sebesar 11,4 dan nilai rata-rata menentukan tokoh sebesar 11,8. Nilai dengan kategori sangat baik diperoleh 1 siswa (3 %). Nilai dengan kategori baik diperoleh 9 siswa (26 %). Nilai dengan kategori kurang ada 24 siswa (68 %). Nilai dengan kategori sangat kurang ada 1 siswa (3%)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: kemampuan, menulis cerita pendek, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Alfonsus Dananjaya Yuniswara
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:30
Last Modified: 10 Sep 2019 07:30
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item View Item