Model pembelajaran contextual teaching and learning sebagai optimalisasi hasil belajar pada materi perubahan wujud benda kelas V di SDN Gadung Driyorejo Gresik

Siti Auwalul, Mufidah (2019) Model pembelajaran contextual teaching and learning sebagai optimalisasi hasil belajar pada materi perubahan wujud benda kelas V di SDN Gadung Driyorejo Gresik. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
SITI AUWALUL MUFIDAH.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Mufidah, Siti Auwalul, 2019. “ Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Optimalisasi Hasil Belajar Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sdn Gadung Driyorejo Gresik”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I : Reza Syehma Bahtiar, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II : Jarmani, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar,Perubahan Wujud benda Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil belajar IPA pada materi jaring – jaring makanan pada siswa kelas V di SDN Gadung Driyorejo Gresik Tahun ajaran 2018/2019. Model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam proses pembelajaran diharapkan bisa menimbulkan suasana kelas yang aktif dan pembelajaran lebih berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran contextual teaching and learning sebagai optimalisasi hasil belajar pada materi perubahan wujud benda kelas V di SDN Gadung Driyorejo Gresik.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen yaitu tes dan wawancara tidak terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria utama tentang ketuntasan hasil belajar secara klasikal telah terpenuhi yaitu 89,6%, melebihi batas ketuntasan hasil belajar klasikal yang ditentutkan sebesar 80% dari KKM ketutasan Individual 71. Maka Pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi perubahan wujud benda kelas V SDN Gadung driyorejo Gresik telah memenuhi kriteria.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar,Perubahan Wujud benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Auwalul Mufidah
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:05
Last Modified: 10 Sep 2019 01:05
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item