Pengembangan media diorama berbasis class eating sebagai optimalisasi hasil belajar materi rantai makanan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ma’arif Al-Fattah Surabaya

Firawati, Desy (2019) Pengembangan media diorama berbasis class eating sebagai optimalisasi hasil belajar materi rantai makanan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ma’arif Al-Fattah Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma USurabaya University.

[img] Text
DESY FIRAWATI.pdf

Download (680kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Firawati, Desy. 2019. “Pengembangan Media Diorama Berbasis Glass Eating Sebagai Optimalisasi Hasil Belajar Materi Rantai Makanan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ma’arif Al-Fattah Surabaya”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I : Reza Syehma Bahtiar, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Dra. Endang Nuryasana, M.Pd Penelitian tentang pengembangan media diorama berbasis glass eating dilatar belakangi media pembelajaran yang digunakan pada materi rantai makanan sangat terbatas dan kurang bervariasi dan hasil nilai harian pada materi rantai makanan masih rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media diorama berbasis glass eating sebagai optimalisasi hasil belajar materi rantai makanan siswa kelas V Sekolah Dasar Ma’arif AlFattah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R and D) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitai dan kualitataif. Sample penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Ma’arif Al-Fattah Surabaya kelas V dengan siswa sebanyak 30 orang. Langkah –langkah prosedur penelitian pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian,, revisi produk, produksi massal. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media dengan nilai presentase kevalidan 92% kategori sangat kuat, ahli materi 88% kategori sangat kuat, uji coba produk 87% kategori sangat kuat, uji coba pemakaian 93% kategori sangat kuat serta hasil ketuntasan belajar sesuai KKM 80% dengan kategori mempunyai peningkatan proses belajar melebihi rata – rata yang ditetapkan sehingga dapat disimpulakan penelitian yang dilakukan sudah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Media Diorama Berbasis Glass Eating, rantai makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Desy Firawati
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:41
Last Modified: 09 Sep 2019 07:41
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item