Upaya meningkatkan keterampilan menceritakan kembali dengan menggunakan media audio visual pada materi cerita fabel siswa kelas II C SDN Pakis V Surabaya

Br Ginting, Juanita (2019) Upaya meningkatkan keterampilan menceritakan kembali dengan menggunakan media audio visual pada materi cerita fabel siswa kelas II C SDN Pakis V Surabaya. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
pendaftaran-1-15.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran Bahasa Indonesia yang membosankan dan kurang menarik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara yang kurang baik, khususnya dalam keterampilan menceritakan kembali. Ada beberapa siswa yang tidak bisa menceritakan kembali cerita dongeng di depan kelas. Penyebabnya adalah karena ada beberapa siswa yang masih belum lancar membaca dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung guru hanya membacakan cerita tersebut dibuku dan menjawab pertanyaan yang ada dibuku tema. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menunjukkan upaya meningkatkan keterampilan menceritakan kembali dengan menggunakan media audio visual pada materi cerita fabel siswa kelas II C SDN PAKIS V Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari intrumen yang berupa lembar penilaian tes praktik keterampilan menceritakan kembali, lembar soal tes tulis, dan lembar observasi guru dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II C yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meninggkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa yang di tunjukkan dengan prosentase ketuntasan siswa pada siklus 1 51,35% menjadi 91,89% pada siklus 2. Dengan menggunakan media audio visual juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru. Prosentase aktivitas guru mendapat 72% tergolong cukup baik tetapi masih membutuhkan adanya perbaikan dan meninggkat menjadi 87,5% pada siklus 2 tergolong kategori sanga baik. Prosentase aktivitas siswa mendapat 72,5% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menceritakan Kembali, Media Audio Visual, Cerita Fabel
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Juanita BR Ginting
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:08
Last Modified: 09 Sep 2019 06:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item