Pengaruh alat peraga dan soal open-ended terhadap kreativitas siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya

Puspita Sari, Firda (2019) Pengaruh alat peraga dan soal open-ended terhadap kreativitas siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Firda Puspita Sari (15630015).pdf

Download (772kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Sari, Firda Puspita. 2019. Pengaruh Alat Peraga dan Soal Open-ended Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : (1) Meilantifa, S.Pd, M.Pd. dan (2) Herfa Maulina D.S, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Alat peraga, Soal Open-ended, Kreativitas Siswa, Lingkaran Kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang saat ini dikehendaki dalam dunia kerja. Kreativitas diartikan sebagai penggunaan imaginasi dan kecerdikan untuk mencapai sesuatu atau untuk mendapatkan solusi yang unik dalam mengatasi persoalan. Kreatif bukan bawaan dari lahir melainkan sesuatu yang dapat diciptakan dan dilatih dengan memberikan stimulus atau pancingan kepada otak. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kreativitas siswa dengan menerapkan alat peraga dan soal open-ended meningkat pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh alat peraga dan soal open-ended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat peraga dan soal open-ended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII C. Analisis data dilakukan dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16 for windows. Hasil dari penelitian adalah diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa yang diajar dengan menerapkan alat peraga dan soal open-ended meningkat pada pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, Soal Open-ended, Kreativitas Siswa, Lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Firda Puspita Sari
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:12
Last Modified: 06 Sep 2019 07:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item