Sa'adah, Nur (2019) Aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme materi aritmatika sosial dengan pendekatan higher order thinking-problem based instruction (HOT-PBI). Bachelor (S1) thesis, Wijaya kusuma surabaya university.
Text
15630013 Nur Sa'adah.pdf Download (563kB) |
Abstract
Sa’adah, Nur.2019. Aktivitas dan Hasil Belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme Materi Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI). Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Herfa Maulina DS,S.Si, M.Pd dan (II) Dra. Anik Kirana, M.Pd Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Higher Order Thinking-Problem Based Instruction Aktivitas belajar diperlukan oleh siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Ketika siswa pasif, atau hanya menerima dari seorang guru, maka ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang sudah dipelajari. Oleh sebab itu diperlukan perangkat tertentu untuk dapat mengingat informasi yang baru saja diterima dari guru. Belajar aktif adalah salah satu cara untuk mengingat informasi yang baru kemudian disimpan di dalam otak. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas belajar siswa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme dan bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas belajar siswa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme dan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar siswa, analisis data wawancara siswa. Dari hasil data aktivitas yang dianalisis diperoleh presentase aktivitas motorik 68,75%, aktivitas mental 93,75%, dan aktivitas emosi 90,625%. Hasil data hasil belajar yang dianalisis (1) siswa yang berkemampuan tinggi mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, evaluate dan create, (2) siswa yang berkemampuan sedang mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, tetapi belum mampu menyelesaikan tahapan evaluasi sehingga belum memenuhi kategori evaluate dan create, (3) siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu kegiatan menyelesaikan kategori analyze, tetapi belum mampu dalam kegiatan mampu menyelesaikan kategori evaluate dan create. sehingga dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Higher Order Thinking-Problem Based Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nur Sa'adah |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 05:56 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 05:56 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4499 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year