Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP NegeriI 2 Cerme

Jaya, Andika (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP NegeriI 2 Cerme. Bachelor (S1) thesis, Wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
15630017 Andika Jaya.pdf

Download (733kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Jaya, Andika. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Tri Dayat, M.Pd dan (II) Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar Pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk mengurangi masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika karena pembelajaran ini mengharuskan siswa aktif berfikir dan mencari suatu jawaban atas permasalahan yang disajikan. Pembelajaran kooperatif mempunyai banyak tipe dalam pelaksanaannya, salah satunya adalah tipe scramble yaitu dengan menggunakan penekanan latihan soal yang dikerjakan secara berkelompok untuk menemukan jawaban atau pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan dua kali yaitu pretest dan postest. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis diperoleh Fhitung = 30,86 dan Ftabel = 4,17. Jadi Fhitung ˃ Ftabel, atau 30,86 ˃ 4,17 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Cerme.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Andika Jaya
Date Deposited: 06 Sep 2019 04:28
Last Modified: 06 Sep 2019 04:28
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4494

Actions (login required)

View Item View Item