Penerapan pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap percaya diri siswa kelas VIII SMP Kawung 2 SURABAYA pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar

widyawati, erni (2019) Penerapan pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap percaya diri siswa kelas VIII SMP Kawung 2 SURABAYA pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Widyawati, Erni. 2019. Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Kawung 2 Surabaya Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Tri Dayat, M. Pd. dan (2) Herfa Maulina D. S, S. Si, M. Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Percaya Diri. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan seorang siswa dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah melalui perhitungan, serta memeriksa kembali proses dan hasilnya dalam kegiatan pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang telah disusun. Kemampuan ini sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika untuk melatih daya pikir siswa menjadi logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dalam menghadapi persoalan. Selain itu ada aspek psikologi siswa yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran yaitu sikap percaya diri. Sikap percaya diri merupakan hal yang penting bagi siswa untuk meningkatkan keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti guided discovery learning memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap percaya diri yang lebih baik daripada siswa yang mengikuti pengajaran langsung pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Kawung 2 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kawung 2 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas VIII D adalah guided discovery learning dan untuk kelas VIII A adalah pengajaran langsung. Analisis data penelitian dilakukan dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 25 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh dari nilai signifikansi baik pada hasil tes maupun angket sebesar 0,0005 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap percaya diri siswa yang mengikuti guided discovery learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pengajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Kawung 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: guided discovery learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, percaya diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Erni Widyawati
Date Deposited: 06 Sep 2019 04:26
Last Modified: 06 Sep 2019 04:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year