Pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya

Nadhifah, Nur (2019) Pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
15630019 Nur Nadhifah.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Nadhifah, Nur. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keuntungan dan Kerugian Kelas VII SMPN 43 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd, Pembimbing II Meilantifa, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : media pembelajaran berbasis ICT, kemandirian belajar, hasil belajar. Pendidikan perlu menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran menggunakan teknologi harus ada disetiap sekolah. Salah satu kenyataan yang sering terjadi saat pembelajaran yaitu siswa yang kurang antusias untuk memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu dengan adanya media pembelajaran berbasis ICT diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya ?, (2) Adakah pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya ?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya, (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII H yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya dengan F hitung > F tabel = 46,56 > 4,20 , (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada materi keuntungan dan kerugian kelas VII SMPN 43 Surabaya dengan F hitung > F tabel = 112,76 > 4,20.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis ICT, kemandirian belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nur Nadhifah
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:50
Last Modified: 05 Sep 2019 08:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item