Profil kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan graded response model (GRM) materi lingkaran di SMP NEGERI 47 Surabaya 2019

sukmawati, dinda ajeng (2019) Profil kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan graded response model (GRM) materi lingkaran di SMP NEGERI 47 Surabaya 2019. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
sampul.pdf

Download (780kB)
Official URL: http://uwks.co.id

Abstract

Profil adalah grafik atau tulisan yang menjelaskan suatu keadaan yang mengacu pada data seseorang. Berpikir kritis matematika adalah kemampuan memecahkan masalah dengan mencari, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi alasan-alasan yang baik agar dapat mengambil keputusan yang terbaik dalam memecahkan masalah matematika. Pada siswa kelas VIII terdapat suatu materi yang wajib ditempuh oleh siswa, yaitu lingkaran. Namun melalui penelitian ini, akan diulas sejauh mana siswa dalam memahami dan mengetahui dalam panjang busur dan luas juring maupun informasi yang tersirat didalamnya. Dengan adanya GRM tujuannya untuk menampilkan ertimasi parameter butir dan kemampuan siswa. Dimana, dalam GRM sistem penskoran tingkat kesukaran tiap kategori pada item tes disusun secara berurutan sehingga jawaban peserta tes seharusnya terurut dari kategori yang rendah hingga kategori tinggi dan penilaian dimana semua respon siswa dilihat dari urutan pengerjakannya. Oleh karena itu peneliti memilih penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis matematika dalam panjang busur dan luas juring pada materi lingkaran di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematika mulai materi panjang busur dan luas juring. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-F SMP Negeri 47 Surabaya terhadap 35 siswa. Berdasarkan tes materi panjang busur dan luas juring, siswa dikelompokkan menjadi tiga yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. selanjutnya dari masing-masing kelompok dipilih siswa sebagai subjek wawancara. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan kriteria siswa yang punya komunikasi yang baik, dan aktif saat pembelajaran di kelas. Hasil wawancara digunakan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematika dalam panjang busur dan luas juring. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi memiliki ciri-ciri yaitu semangat dalam mengerjakan, tetapi dalam semangat siswa tersebut ada yang tidak menuliskan dalam mengerjakannya. Sedangkan siswa yang berkemampuan sedang memiliki ciri-ciri yaitu ada semangat belajar untuk mengerjakan, tetapi siswa tersebut tidak menyelesaikan dalam mengerjakan walaupun awalnya ada semangat untuk mengerjakan. Untuk siswa yang berkemampuan rendah memiliki ciri-ciri yaitu tidak mempunyai semangat untuk mengerjakan dan dalam pembelajaran berlangsung siswa tersebut mengobrol dengan teman walaupun guru tersebut menerangkan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Matematika, Graded Response Models (GRM).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Dinda Ajeng Sukmawati
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:30
Last Modified: 06 Sep 2019 02:30
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4484

Actions (login required)

View Item View Item