Studi perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis dan tanpa berbasis pendidikan karakter pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya

Ainiyah, Mauludiyatul (2019) Studi perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis dan tanpa berbasis pendidikan karakter pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Mauludiyatul Ainiyah (15630002).pdf

Download (412kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Ainiyah, Mauludiyatul. 2019. Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Dan Tanpa Berbasis Pendidika Karakter Pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Heni Sukrisno, M.Pd dan (II) Dr. Tri Dayat, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter. Lembaga pendidikan sebagai lembaga akademik dengan tugas utamanya menyelenggarakan pendidikan dan mengembangkan ilmu, pengetahuan, teknologi dan seni. Dimana dalam hal ini tujuan penyelenggaraan pendidikan, sejatinya tidak hanya mengembangkan keilmuan, tetapi juga membentuk kepribadian, kemandirian, keterampilan sosial, dan karakter. Berdasarkan pengalaman di lapangan, selama ini guru belum banyak menumbuhkan pendidikan karakter kepada siswa sehingga banyak siswa yang belum menyadari karakter yang seharusnya terbentuk. Hasil belajar yang baik diperoleh melalui sikap disiplin, percaya diri, tanggungjawab, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, dan lain-lain. Sikap tersebut merupakan nilai pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa. Dengan pendidikan karakter tersebut diharapkan siswa akan lebih berprestasi bukan hanya dari aspek kognitifnya saja melainkan dari aspek afektifnya juga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran tanpa berbasis pendidikan karakter materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran tanpa berbasis pendidikan karakter materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X OTP 2 dan X OTP 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data memakai uji statistik dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran matematika tanpa berbasis pendidikan karakter dengan thitung > ttabel atau 3,85 > 1,67.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Mauludiyatul Ainiyah
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:23
Last Modified: 05 Sep 2019 08:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item