Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 47 Surabaya

Sa'diyah Hidayati, Ni'matus (2019) Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 47 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma University.

[img] Text
15630014 Ni'matus Sa'diyah Hidayati.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Nimatus Sadiyah. 2019. Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 47 Surabaya. Pembimbing I : Dra. Anik Kirana, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Tri Dayat, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Soal Open-Ended, Fluency, Flexibility, Originality Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah sisiwa kelas VIII SMP Negeri 47 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada kemampuan matematika siswa kategori tinggi, sedang, rendah dan pertimbangan guru. Subjek yang diambil sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal open-ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa peneliti menggunakan tiga indikator berpikir kreatif yang meliputi Fluency, Flexibility, dan Originality yang akan peneliti kriteriakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII mencapai hingga tingkat 3 (sangat kreatif), meliputi siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki korelasi positif terhadap kemampuan berpikir kreatifnya, yakni memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (sangat kreatif). Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (sangat kreatif) dan tingkat 2 (kreatif) pada salah satu soal, sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (cukup kreatif) dan tingkat 0 (tidak kreatif) karena tidak dapat memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Soal Open-Ended, Fluency, Flexibility, Originality
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ni'matus Sa'diyah Hidayati
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:52
Last Modified: 06 Sep 2019 05:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item