Penerapan brain gym dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya

Astuti, Wahyu Sri (2019) Penerapan brain gym dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
15630003 Wahyu Sri Astuti.pdf

Download (838kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Astuti, Wahyu Sri. 2019. Penerapan Brain Gym Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Dimensi Tiga Kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I Dr. Heni Sukrisno, M.Pd, Pembimbing II Dr. Tri Dayat, M.Pd. Kata Kunci: Brain Gym, Konvensional dengan Menggunakan Ice Breaking. Saat ini, matematika seringkali di anggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut guru banyak yang telah mengajar dengan menggunakan metode konvensional dengan menggunakan ice breaking. Namun, hal tersebut kurang efisien dilakukan karena membutuhkan waktu yang relatif lama. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan pemberian brain gym. Penerapan brain gym dapat dilakukan dengan waktu yang tidak lama, tidak membutuhkan tempat dan alat yang khusus. Selain itu, brain gym juga dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa, minat belajar, dan kemampuan kinerja otak pada siswa sehingga hasil belajar siswa dapat lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym dan konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya?, (2) Apakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) menunjukkan ada atau tidak ada perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym dan konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya, (2) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-OTP1 sebagai kelas kontrol dan XI-OTP2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym dan konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya dengan thitung >= ttabel = 2,349 >= 2,021, (2) hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika melalui penerapan brain gym lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan menggunakan ice breaking pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya dengan thitung >= ttabel = 2,349 >= 1,684.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Brain Gym, Konvensional dengan Menggunakan Ice Breaking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Wahyu Sri Astuti
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:04
Last Modified: 06 Sep 2019 06:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item View Item