Faujiyah, Siti (2019) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar segiempat kelas VII SMP Kawung 2 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
15630022 Siti Faujiyah.pdf Download (732kB) |
Abstract
Faujiyah, Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat kelas VII SMP Kawung 2 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (1) Dra. Anik Kirana, M. Pd. dan (2) Dr. H. Fatkul Anam, M. Si Kata Kunci: Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Menyadari akan pentingnya kemampuan koneksi dalam matematika, dirasakan perlu mengupayakan pembelajaran menggunakan model yang dapat memberi kesempatan atau peluang kepada siswa untuk melatih kemampuan dalam menjelaskan keterkaitan antar konsep dalam matematika. Salah satu model yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengungkapkan pendapat dan pengetahuan yang mereka miliki adalah model pembelajaran probing prompting. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar segiempat kelas VII SMP Kawung 2 Surabaya Tujuan penelitian ini adalah Untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar segiempat kelas VII SMP Kawung 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran probing prompting, dan variabel terikat adalah kemampuan koneksi matematis siwa. Pengambilan sampel diambil dengan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan observasi. Analisis data nilai post test menunjukan bahwa nilai berdistribusi normal. Hasil analisis korelasi menunjukan nilai rhitung sebesar 0,591 serta signifikansi (0,004 < 0,05). Sedangkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan ttabel dengan derajat kebebasan (df) = N-2 atau (df) = 22-2 = 20. Dengan pengujian dua sisi (signifikansi = 0,05) hasil diperoleh untuk ttabel sebesar 2,086. Karena thitung > ttabel (3,281 > 2,086), maka H0 ditolak H1 diterima. Sedangkan dari hasil pengamatan observasi pada pertemuan pertama 42%, kedua 78% dan ketiga 90%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Siti Faujiyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:23 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:23 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4472 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year