Sukardi, Intan Septiawati (2019) Profil hasil belajar matematika siswa keluarga broken home pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 43 Surabaya tahun pelajaran 2019. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
15630004 Intan Septiawati Sukardi.pdf Download (385kB) |
Abstract
Sukardi, Intan Sepiawati. 2016. Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Keluarga Broken Home Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Smp Negeri 43 Surabaya Tahun Pelajaran 2019. Pembimbing I : Dr. H. Fatkul Anam, M.Si. Pembimbing II: Dra. Anik Kirana, M,Pd. Kata Kunci : profil, hasil belajar, broken home Profil adalah yaitu gambaran atau sekumpulan data hasil belajar dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa keluarga broken home. Data seseorang yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu siswa. Setiap siswa memiliki hasil belajar yang berbeda-beda yang dipengaruhi dari dari lingkungan sekitarnya terutama dari keluarga. Hasil belajar siswa dari keluarga broken home juga berbeda-beda. Pada siswa kelas VII terdapat suatu materi yang wajib ditempuh yaitu materi Aritmatika Sosial yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dari keluarga broken home yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan profil hasil belajar matematika siswa dari keluarga broken home. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri 43 Surabaya. Berdasarkan hasil angket yang diambil dari penelitian ini terdapat 12 siswa dari keluarga broken home. Dari hasil tes matematika materi aritmatika sosial, siswa dikelompokkan menjadi tiga kemampuan yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Selanjutnya dari masing-masing kelompok dipilih siswa sebagai subjek wawancara. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan kriteria siswa yang mempunyai komunikasi yang baik dan aktif saat pembelajaran di kelas. Hasil wawancara digunakan untuk mendeskripsikan profil hasil belajar matematika dari keluarga broken home. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa profil hasil belajar matematika siswa dari keluarga broken home yang termasuk dalam kriteria nilai tinggi memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi meskipun itu berasal dari diri sendiri maupun orang tua. Motivasi belajar mereka muncul atau tumbuh karena ingin melakukan yang terbaik untuk kedua orang tuanya. Sedangkan siswa dari keluarga broken home yang termasuk dalam kriteria nilai sedang memiliki motivasi belajar yang berasal dari temannya dan juga keluarga meskipun kedua orang tuanya sibuk bekerja dan tidak diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Untuk siswa dari keluarga broken home yang termasuk dalam kriteria nilai rendah kurang atau bahkan tidak memiliki motivasi belajar di sekolah yang mengakibatkan nilai mereka rendah. Motivasi belajar yang kurang disebabkan karena mereka kurang diperhatikan oleh kedua orang tuanya.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profil, hasil belajar, broken home |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Intan Septiawati Sukardi |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:02 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:02 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4469 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year