Evaluasi Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah Di E-Library Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabya

Rindu, Angela Hariyati (2019) Evaluasi Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah Di E-Library Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ALL.pdf

Download (4MB)
Official URL: http: //uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Angela Hariyati Rindu, 2019, Evaluasi Kualita Layanan Koleksi Karya Ilmiah Di E-Library. Fakultas Kedokeran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Drs.Bakhtiyar, S.Sos.,M.IP. (II) Yanuastrid Shintawat, S.IPI, M,IP. Kata Kunci: Evaluasi Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah Di E-Library Fakultas Kedokteran Universita Wijaya Kusuma Surabaya Suatu perpustakaan perguruan tinggi dikatakan baik apabila perpustakaan tersebut sudah melakukan pelayanan dengan baik dalam hal memberikan informasi kepada pengguna yang dapat dirasakan akan dapat dilihat dan dirasakan langsung dari pelayanan perpustakan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi kualitas layanan Koleksi Karya Ilmiah sehingga dapat diketahui bagaimana kualitas pelayanan pada perpustakaan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan teknik analisis Kuantitatif, dengan populasi mahasiswa yang memanfaatkan Koleksi Karya Ilmiah di E-library Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dari bulan Februari, Maret, April, Mei 2019 sebanyak 200 mahasiswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan mengambil 20% dari jumlah populasi,maka diperoleh sampel untuk penelitian ini adalah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner,wawancara dan teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengecekan data, seleksi data, mengode data (coding) dan tabulasi. Hasil penelitian Kualitatif layanan Koleksi Karya Ilmiah menunjukan bahwa, Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah berdasarkan: effect of service (mempengaruhi Layanan) yang mencakup pengetahuan pustakawan dalam melayani, siap tanggap pustakawan. Empahty, ketersedian pustakawan dalam melayani, siap tanggap, kecepatan,ketepatan dalam perpustakaan termasuk pada kategori “sangat affect” dengan prosentase 60%, sedangkan berdasarkan information control (kontol informasi) yang mencakup ketersedian koleksi, kelengkapan subyek sumber informasi terbaru, kesesuaian sumber informasi,dan hambatan pengguna termasuk pada kategori “information” dengan prosentase 80%. Dan yang terakhir berdasarkan library as place yaitu fasilitas gedung, penerangan/ pencahayaan, kemudian ruang baca, penataan koleksi dan yang terakhir kondisi ruang termasuk kategori “sangat memadai”dengan prosentase 73% dan dari pengukuran Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah di atas dapat di evaluasi Kualitas Pelayanan pada Kategori “sangat berkualitas” dengan prosentase 93%. Dari penelitian di atas dapat di evaluasi kualitas layanan Koleksi Karya Ilmiah di Perpustakaan termasuk sangat berkualitas sehingga perlu ditingkatkan dengan mengikuti penelitian, seminar tentang layanan perpustakaan dll. Pustakawan perlu lebih bersabat dengan pengguna perpustakaan, dalam menerima saran, alangkah baiknya di sediakan kontak layanan, perlu penambahan tenaga perpustakaan dalam layanan, dan selalu memperbarui koleksi perpustakaan sehingga koleksi perpustakaan terkini.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kualitas Layanan Koleksi Karya Ilmiah Di E-Library Fakultas Kedokteran Universita Wijaya Kusuma Surabaya
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Angela H. Rindu
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:33
Last Modified: 28 Aug 2019 07:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item