Identifikasi Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Melalui Two-Tier Diagnostic Test dan Wawancara Diagnostik

Roosyanti, Anna (2017) Identifikasi Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Melalui Two-Tier Diagnostic Test dan Wawancara Diagnostik. IBRIEZ, 2 (2). pp. 71-82. ISSN 2548-4176

[img]
Preview
Text
Anna Roosyanti-Jurnal Ibriez 2017-Repository.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada konsep Fotosintesis, siswa Sekolah Dasar sering memiliki konsepsi (pemahaman) yang salah. Penyebab miskonsepsi ini salah satunya bersumber dari guru. Sebagai calon guru Sekolah Dasar, mahasiswa diharapkan dapat mengajarkan konsep Fotosintesis dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep Fotosintesis yang terjadi pada mahasiswa calon guru Sekolah Dasar melalui two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang memaparkan jenis miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya semester 1 tahun akademik 2016-2017, sebanyak 22 mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Terdapat miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa pada konsep Fotosintesis. Konsepsi (pemahaman) mahasiswa paling rendah pada konsep Proses Fotosintesis membutuhkan cahaya yaitu sebesar 18,18%, sedangkan konsepsi paling tinggi yaitu pada konsep Produk yang dihasilkan dari proses Fotosintesis dengan prosentase sebesar 81,83%. (2) Sumber atau penyebab dari miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa yaitu berasal dari prakonsepsi mahasiswa dan bahan ajar. Simpulan pada penelitian ini yaitu two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik dapat dijadikan sebagai referensi dalam melakukan identifikasi terhadap miskonsepsi pada konsep Fotosintesis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Fotosintesis, Two-tier Diagnostic Test, Wawancara Diagnostik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:20
Last Modified: 21 Mar 2018 04:20
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item