Persepsi pemustaka terhadap pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Widya Kartika Surabaya

Wicaksono, Dwi Gustara (2019) Persepsi pemustaka terhadap pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Widya Kartika Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover Abstrak DLL.pdf

Download (731kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Perpustakaan merupakan lembaga yang menyediakan berbagai informasi bagi pengguna, salah satunya perpustakaan perguruan tinggi yang mempunyai peran penting dalam membantu perguruan tinggi untuk mencapai tujuannya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semakin majunya teknologi saat ini, perpustakaan terus berbenah agar tidak ketinggalan dengan media penyedia informasi lainnya. Berdasarkan perkembangan itu, merupakan tuntutan bagi perpustakaan untuk selalu berkembang serta berupaya memberikan layanan terbaik bagi pemustaka. Seperti layanan peminjaman dan pengembalian, merupakan layanan yang harus disediakan perpustakaan dalam rangka mendayagunakan koleksi yang dimiliki. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deksriptif sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif. Penulis mengamati kegiatan layanan merupakan suatu kegiatan yang mempertemukan langsung antara petugas dan pemustaka, sehingga penilaian pemustaka terhadap perpustakaan akan muncul ketika kegiatan layanan berlangsung. Era globalisasi saat ini, kehadiran teknologi informasi tidak akan pernah lepas dari lingkungan organisasi yang bergerak dibidang jasa dan informasi. Hasil penelitian di perpustakaan kehadiran teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam pemberian layanan yang efektif dan efisien kepada pemustaka. Hal tersebut merupakan tolak ukur kualitas sebuah pelayanan perpustakaan untuk mengetahui kepuasan pengguna Persepsi pengunjung terhadap layanan sirkulasi dilihat dari aspek kehandalan, bahwa kinerja pustakawan dalam proses kepengurusan, prosedur pendaftaran, peminjaman ataupun pengembalian koleksi anggota perpustakaan telah mendaptkan apresiasi positif dari pemustaka. Hal ini dapat diketahui kemampuan individual pustakawan sangat berpengaruh dengan kenyamanan pemustaka dalam pemanfaatan layanan sirkulasi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: persepsi pemustaka, layanan sirkulasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Dwi Gustara Wicaksono
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:14
Last Modified: 26 Mar 2019 03:14
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item