Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi)terhadap hasil belajar Matematika pada pokok bahasan suku banyak di kelas XI IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Agustiantoro, Aang (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi)terhadap hasil belajar Matematika pada pokok bahasan suku banyak di kelas XI IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Other thesis, Wijaya kusuma Surabaya university.

[img] Text
aang agustiantoro.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Agustiantoro, Aang. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Suku Banyak di Kelas XI SMA Hangtuah 4 Surabaya. Pembimbing I: Dra. Anik Kirana, M.Pd. Pembimbing II : Meilantifa, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar. Pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran penting seorang pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidik dapat memanfaatkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa berpikir kritis dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik sehingga siswa dapat memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) yang banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan dibentuk suatu kelompok belajarm peran pendidik sebagai fasilitator yang membantu siswa merumuskan rencana, melaksanakan, dan mengelola kelompok belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan suku banyak di kelas XI IPA SMA Hangtuah 4 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan suku banyak di kelas XI IPA SMA Hangtuah 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), dan variabel terikat adalah hasil belajar.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Hangtuah 4 Surabaya sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel diambil dengan cara simple random sampling.Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) v21-32 bit for windows. Dari hasil analisis data tersebut diperoleh thitung > ttabel ( 4,487 > 2,028 ) maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar matematika pada kelas XI IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya pada suku banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Aang Agustiantoro
Date Deposited: 15 Mar 2019 05:04
Last Modified: 15 Mar 2019 05:04
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item