Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Maulana, Riyan Fahrus (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
riyan fahrus maulana.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Maulana, Riyan Fahrus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pembimbing I: Dra. Anik Kirana, M.Pd. Pembimbing II : Meilantifa, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci :Numbered Head Together, Hasil Belajar. Salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu dalam proses belajar mengajar dan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara bekerjasama dalam menghadapi masalah khususnya dalam mengerjakan soal yang salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), dan variabel terikat adalah hasil belajar.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI – IPA2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pengambilan sampel diambil dengan cara simple random sampling.. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 3,352 dan ttabel = 2,045. Jadi thitung ˃ ttabel, atau 3,352 ˃ 2,045 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI – IPA2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. ABSTRAK Maulana, Riyan Fahrus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pembimbing I: Dra. Anik Kirana, M.Pd. Pembimbing II : Meilantifa, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci :Numbered Head Together, Hasil Belajar. Salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu dalam proses belajar mengajar dan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara bekerjasama dalam menghadapi masalah khususnya dalam mengerjakan soal yang salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel di kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), dan variabel terikat adalah hasil belajar.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI – IPA2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pengambilan sampel diambil dengan cara simple random sampling.. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 3,352 dan ttabel = 2,045. Jadi thitung ˃ ttabel, atau 3,352 ˃ 2,045 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI – IPA2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Riyan Fahrus Maulana
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:23
Last Modified: 18 Mar 2019 07:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item