Analisis struktur wacana pada iklan tabloid Nyata

Putri, Citra Amdia (2019) Analisis struktur wacana pada iklan tabloid Nyata. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
cover citra.pdf

Download (879kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Abstrak dari skripsi yang berjudul analisis struktur wacana iklan tabloid nyata ABSTRAK Putri, Citra Amdia. 2019. “Analisis Struktur Wacana pada Iklan Tabloit Nyata”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya . Pembimbing : Dr. Sueb Hadi Saputro, M.Pd. dan Dr. Darsono, M.Si. Kata kunci : analisis wacana, iklan, butir utama iklan, badan iklan, butir penutup iklan, Tabloit Nyata Edisi 2368,2426, dan 2470. Penelitian Ini berjudul Analisis Wacana Iklan dalam Tabloit Nyata mendeskripsikan struktur wacana dalam Tabloit Nyata Edisi 2368, 2426, dan 2470. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana. Analisis wacana, jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa iklan di Tabloit Nyata Edisi 2368, 2426, 2470. Hasil penelitian menggambarkan (1) struktur iklan terdiri atas (a) butir utama, (b) badan iklan, (c) butir penutup. Pada butir utama diperoleh proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen, Proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu pada para calon konsumen, Proposisi berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, Proposisi yang memberi komando atau perintah kepada calon konsumen, Proposisi yang menarik perhatian konsumen khusus, di mana dalam proposisi ini lebih menekankan jika iklan mampu menarik perhatian konsumen atau sasaran khusus yang dimanfaatkan untuk menarik perhatian awal komunikasi. Sasaran khusus tersebut ditunjukan untuk konsumen tertentu.Pada badan iklan diperoleh Proposisi alasan subjektif, alasana subjektif yang ditampilkan pada bagian badan wacana iklan keseluruhan alasan yang dikemukakan berupa hal-hal yang dapat mengajak emosi calon konsumen, Proposisi alasan objektif, bentuk alasan objektif yang ditampilkan pada bagian badan iklan berupa informasi yang bisa diterima oleh nalar calon konsumen. Pada badan penutp iklan diperoleh dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pendekatan penjualan. Pendekatan penjualan yang dapat digunakan untuk mengakhiri bagian iklan adalah dengan cara keras atau dengan cara lemah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis wacana, iklan, butir utama iklan, badan iklan, butir penutup iklan, Tabloit Nyata Edisi 2368,2426, dan 2470.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Citra Amdia Putri Amdia Putri
Date Deposited: 09 Apr 2019 09:43
Last Modified: 09 Apr 2019 09:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item