Implementasi program revolusi mental : metode internalisasi nilai-nilai moralitas karakter bangsa melalui pembelajaran berbasis Perpustakaan (studi deskriptif SD Negeri Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah)

Prasetyo, Arienda Addis (2019) Implementasi program revolusi mental : metode internalisasi nilai-nilai moralitas karakter bangsa melalui pembelajaran berbasis Perpustakaan (studi deskriptif SD Negeri Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Halaman Depan Final.pdf

Download (998kB)
Official URL: hhtps://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Arienda Addis Prasetyo. 17540014 . 2019 . Implementasi Program Revolusi Mental : Metode Internalisasi Nilai-Nilai Moralitas Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Berbasis Perpustakaan (Studi Deskriptif SD Negeri Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah) . Skripsi Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I : Drs. Bakhtiyar, S.Sos. M.IP Pembimbing II : Yanuastrid Shintawati, S.IPI,M.Si Kata Kunci : Metode Internalisasi, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan, Pendidikan Karakter, Perpustakaan Sekolah, Revolusi Mental, Istilah Revolusi Mental yang dicanangkan pemerintah menunjukan peran penting dinamika perubahan terutama lembaga pendidikan. Dalam proses internalisasi moralitas karakter bangsa dibutuhkan kerjasama dari semua pihak, tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Arti penting pembelajaran berbasis perpustakaan. (2) Implementasi metode internalisasi nilai-nilai moralitas karakter bangsa melalui pembelajaran berbasis perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, dengan pendekatan Tunggal Terpancang (embedded research), metode pengumpulan data menggunakan Metode Studi Pustaka, Observasi,Dokumentasi atau Arsip, dan Wawancara. Model analisis yang digunakan yaitu Analisis Interaktif dan jumlah informan yang diwawancarai sejumlah 7 orang terdiri dari Kepala Sekolah dan Wali kelas 1 sampai dengan 6. Lokasi penelitian di SD Negeri Purworejo dengan alasan tersedianya data, sekolah dasar ditingkat kabupaten, dan penanaman pendidikan karakter dimulai dari jenjang sekolah dasar. Berdasarkan uraian di atas maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Arti penting pembelajaran berbasis perpustakaan di SD Negeri Purworejo yakni sebagai : (a) pusat internalisasi moralitas karakter bangsa, (b) sebagai pusat sumber informasi nilai-nilai moralitas karakter bangsa dan (c) pusat sumber belajar menginternalisasikan nilai-nilai moralitas karakter bangsa . (2) Metode internalisasi nilai-nilai moralitas karakter bangsa yang di implementasikan melalui metode sebagai berikut: (a) mendongeng berjalan dengan efektif, (b) bermain berjalan dengan kurang efektif, (c) mengidentifikasi berlangsung dengan efektif , (d) bernyanyi berlangsung dengan efektif, (e) diskusi berjalan dengan sangat efektif , (f) memberikan motivasi/pendidikan, diterapkan dengan efektif (g) nilai keteladanan diterapkan dengan efektif, (h) pembiasaan dalam berprilaku dilaksanakan dengan sangat efektif, serta (i) rekreasi intelektual ke perpustakaan diterapkan dengan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Internalisasi, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan, Pendidikan Karakter, Perpustakaan Sekolah, Revolusi Mental.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Arienda Addis Prasetyo
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:14
Last Modified: 28 Feb 2019 06:14
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year