Pengaruh sikap,norma subjektif dan kontrol perilaku yang dipersepsikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan pajak Pratama Surabaya Mulyorejo

Sunjoto, Merry Anggreani (2019) Pengaruh sikap,norma subjektif dan kontrol perilaku yang dipersepsikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan pajak Pratama Surabaya Mulyorejo. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Mulyorejo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Mulyorejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi di KPP Mulyorejo tahun 2017 sebanyak 43.817 WPOP, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Mulyorejo. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa, variabel sikap (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan WPOP (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2,965 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,98498 dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0.05. Nilai untuk variabel norma subyektif (X2) dengan nilai t-hitung sebesar 5,554 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,98498 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap variabel kepatuhan WPOP secara parsial, dan untuk variabel kontrol perilaku yang dipersepsikan (X3) nilai t-hitung sebesar 2,389 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,98498 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepatuhan WPOP secara parsial. secara bersama-sama (simultan) variabel sikap (X1), norma subyektif (X2) dan kontrol perilaku yang dipersepsikan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 70,632 lebih besar dari Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05. Kata kunci: Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan, Kepatuhan Waji Pajak ABSTRACT Influence of Attitudes, Subjective Norms, and Behavior Controls Seen Against Compliance with WPOP in Pratama Surabaya Mulyorejo Tax Service Office. The formulation of the problem in this study is whether the attitudes, subjective norms, and behavioral control are perceived to be against the WPOP at the Pratama Surabaya Tax Service Office Mulyorejo. The population in this study is an WPOP in KPP Mulyorejo in 2017 amounting to 43,817 WPOP, while the sample in this study is 100 WPOP at KPP Mulyorejo. The method used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded, the attitude variable (X1) has a significant effect on WPOP compliance (Y). This can be proven by the t-hitung value of 2.965 greater than t-tabel of 1.98498 and the significance level is smaller than 0.05. The value for subjective norm variable (X2) with t-hitung value of 5.554 is greater than t-tabel of 1.98498 with a significance level smaller than 0.05. Then it can be concluded that the subjective norm variable has a significant effect on the WPOP fulfillment variable partially, and for the control control variable that is perceived (X3) the t-hitung value of 2.389 is greater than the t-tabel of 1.98498 with a significance higher than 0.05 . Then it can be concluded that the control variables that are perceived to have a significant effect on the WPOP approved variables partially. Taken together (simultaneous) attitude variables (X1), subjective norms (X2) and perceived behavioral control (X3) have a significant effect on customer satisfaction variables (Y). This is evidenced by Fhitung of 70,632 greater than Ftabel 2.70 with a significant value of 0,000 smaller than alpha 0.05. Keywords: Attitudes, Subjective Norms, Behavior Controls Perceived, Compliance with Tax Payments

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan, Kepatuhan Waji Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Merry Anggreani Sunjoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:49
Last Modified: 13 Feb 2019 03:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item